Kamis, 09 Agustus 2018

Masih Merasa bahwa Pemrograman Itu Susah?


Dunia terus berkembang. So, kalau kamu nggak berkembang, tentunya akan gampang terlindas zaman kan?

Nah, salah satu dari perkembangan dunia itu adalah perkembangan teknologi. Salah satunya adalah perkembangan dalam dunia pemrograman. Percaya aja deh, bahasa pemrograman yang sekarang ini lebih mudah daripada bahasa pemrograman puluhan tahun yang lalu. Kalau dulu, misalnya saja untuk animasi di website, kita menggunakan pure javascript. Sekarang, lebih dimudahkan dengan hadirnya jQuery. Lalu, ada juga Moo Tools, React, Angular, Vue, dan berbagai tools lainnya yang mempermudah kita dalam membuat efek di website dibandingkan kita membangunnya menggunakan javascript murni yang lebih susah dan implementasi yang berbeda di masing-masing browser.

Di sisi server pun, kalau dulu kita hanya mengenal PHP, sekarang kita semakin terbantu dengan adanya Codeigniter, lalu ada juga Laravel dengan Simphoninya yang membuat kita semakin mudah dalam build sebuah website yang aman dan interaktif.

Lalu, ada juga teknologi AJAX, Restful API, JSON, dan berbagai macam teknologi lainnya.

Di pemrograman desktop pun, kita mengenal kehadiran Python yang jauh lebih fleksibel daripada Java yang telah lama dipakai oleh programmer.

So, kalau kamu nggak belajar pemrograman, atau mengatakan pemrograman itu susah, kayaknya udah nggak relevan lagi bro. Soalnya makin ke sini, makin gampang untuk dipelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik untuk memulai chat