Jumat, 01 Juni 2018

Menebarkan Kebahagiaan dengan Bekerja

 

Violet Evergarden, seorang auto memories doll (boneka kenangan otomatis) yang dulunya adalah tentara terkuat yang dimiliki oleh Leiden. Anime 13 chapter ini berhasil mengaduk-ngaduk emosiku saat menontonnya. Mungkin karena genrenya romance kali ya? Hehehe.

Yang membuatku terharu banget ya ketika dia menjalankan pekerjaannya sebagai boneka kenangan. Lewat tulisan-tulisan yang dibuatnya, dia bisa menyatukan 2 orang, membawa perdamaian, memberikan semangat, dan segala bentuk emosi positif lainnya. Asli dah, terharu banget.

Apalagi ketika kliennya adalah seseorang yang akan pergi dari dunia ini dan dia sempat meminta bantuan Violet untuk menuliskan surat-surat guna menyampaikan perasaannya pada orang yang dia sayangi.

Salah satunya adalah seorang ibu yang sebentar lagi akan pergi meninggalkan satu-satunya anak perempuannya. Sedangkan, jika dia meninggalkannya, maka anak perempuan itu akan tinggal seorang diri, di sebuah mansion besar, di tengah desa yang sepi.

Maka, ibu itu pun menggunakan jasa Violet untuk membuat 50 surat yang akan dikirimkan setiap ulang tahun anaknya (waktu itu kalau nggak salah, anaknya berumur 7 tahun).
Anne. Anneku sayang, selamat ulang tahun yang ke-8. Aku yakin ada banyak hal yang membuatmu sedih. Kau mungkin tidak tahan dengan beban yang kau pikul. Tapi jangan menyerah. Bahkan jika kau sendirian sehingga membuatmu menangis, jangan pernah lupa bahwa ibu akan selalu mencintaimu.

Anneku tersayang, selamat ulang tahun yang ke-10. Kau pasti sudah lebih tinggi sekarang. Tapi aku yakin kau masih suka membaca dan menari. Apa kau masih suka memecahkan teka-teki dan mencari serangga?

Selamat ulang tahun yang ke-18. Sekarang kau sudah jadi seorang wanita. Apa kau jatuh cinta pada seseorang? Aku takut tidak bisa memberikan nasihat tentang asmara kepadamu, tapi aku yakin siapapun yang kau pilih pasti adalah orang yang baik.

Selamat ulang tahun, Anne. Sekarang usiamu sudah 20 tahun! Itu hebat sekali! Tidak masalah jika sekali-kali kau menangis, walaupun sudah dewasa. Saat kau ragu atau takut, ingatlah bahwa aku selalu di sini. Anne, ibu akan selalu mengawasimu selamanya.
Sepanjang pekerjaannya dengan ibu tersebut, Violet menahan diri supaya tidak menangis.

Kemudian dilepaskannya tangisan itu di kantor.

Tugas yang sederhana namun bermakna lebih, hanya menulis surat. Namun, bisa menyatukan hati-hati yang terpisah.

Kamupun begitu. Tanpa kamu sadari, sebenarnya setiap pekerjaan yang kamu lakukan, layanan yang kamu berikan, pada intinya adalah mendatangkan kebahagiaan bagi orang lain, apapun pekerjaanmu: petugas kasir, dokter, pebisnis, psikolog, bloger, penulis, creator LINE Webtoon, dan berbagai pekerjaan lainnya. Walaupun, di beberapa jenis pekerjaan, yang kita rasakan hanya deadline dan tekanan seperti misalnya penulis novel. Padahal, novel-novel yang kamu tulis itu dapat menjadi teman kesepian, memberikan kebahagiaan saat dirundung masalah, menghidupkan kegiatan klub sastra, menghentikan tangisan seorang wanita yang habis patah hati, dan efek luar biasa lainnya yang tidak kamu duga.

Jadi, ayo ganbatte dalam bekerja dan kita semaikan benih-benih kebahagiaan dan perdamaian di muka bumi ini :)

Tambahan: 1 tahun sudah aku nunggu anime ini. Hehehe. Untungnya sudah ada yang download, tinggal copy aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik untuk memulai chat