Minggu, 27 Mei 2018

Memburu Buku 10 Ribu di Gramedia


"Zen, tau nggak, buku-buku di Gramed sekarang 100 ribuan loh, " ujar salah seorang teman kampus suatu hari.

"Oh iya kah?" kaget aku.

Walaupun memang mahal sih, yang namanya berburu buku di Gramed adalah hobiku sejak kecil. Mungkin waktu itu kelas 1 SD, awal mula aku mengenal buku bacaan, majalah Bobo. Sejak itu, jadi militan kalau berburu buku, sampai sekarang.

Tapi ya, kalau harga buku makin mahal sih mikir-mikir juga.

Hingga akhirnya, suatu hari, di grup Whatsapp "Jaring Penulis Kaltim", ada seseorang yang memamerkan dirinya haunting buku-buku bagus berharga 10 ribu di Gramedia Loa Bakung.

Wait, sejak kapan Gramedia masuk kampung?

Saat pesan itu muncul di WA-ku, aku hanya membintanginya aja, buat kucek lagi suatu hari. Dan sekarang, saat HP-ku rusak, akupun mencoba menjelajah Loa Bakung, meneliti kebetulan dari kabar yang tersebar di grup waktu itu.

Eh, memang benar ada sih.

Tepatnya di Jalan Jakarta, sebelah kanan jalan, bertuliskan Gramedia Exhibition pada spanduknya, aku pun memasukinya. Di lantai 1, bertumpuk-tumpuk buku tulis bersama dengan pensil-pensil warna Faber Castel menghiasi putihnya keramik lantai itu.

Lalu, di meja kasir, akupun menitipkan tas yang selalu kubawa.

Memasuki lantai 2, akupun mendapatkan puluhan, mungkin ratusan buku berjejer-jejer, tersusun rapi di rak. "It's truly pirates gold," pikirku. Melihat panorama seindah ini, akupun tak sabar menggerayanginya satu per satu. "Buku-buku bagus ini harganya cuma 10 ribu?"

Akhirnya, dari 2 hari haunting buku di Gramedia Loa Bakung, beberapa judul buku kukantongi: Merry Riana, langkah sejuta suluh; Prof. Renald Kasali, Ph.D, Myelin; buku motivasi Pak Syamsul Arifin; dan buku membuat komik strip. Empat buku, cuma 40 ribu. Itu kalau di Gramedianya "yang asli" mungkin bisa 100 ribuan itu satu buku. Mantap.

2 komentar:

  1. wahhh sama-an dong dulu berawal dari bobo, eh saya awalnya dalagi dari buku petruk gareng kalau tau komik jadul misteri iitu sihh..

    wahh asekkk ya dapat banyak buku 1 cuma 10 rb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buku Petruk Gareng yang dijual paklek mainan itu kah? Hehehehe. Beh, asyik banget memang, buku bagus macam Merry Riana sama Prof. Renald Kasali, Ph.D cuma 10 ribu.

      Hapus

Klik untuk memulai chat