Minggu, 20 Mei 2018

Atasi Malasmu dengan Menggunakan Teori Learning by Connection



Ada banyak teori di bidang psikologi pendidikan. Ada teori Pavlov, Skinner, Sosial Learning, Experiental Learning, dan banyak teori lainnya yang dapat membantu kita untuk belajar dengan lebih baik.

Namun, dari salah satu teori tersebut, kurasa ada sebagian dari teori learning by connection yang dapat membantu kita mengatasi rasa malas.

Secara garis besar, teori learning by connection dibangun atas tiga pilar:
  1. Law of readiness
  2. Law of excercise
  3. Law of reward
Yang pertama adalah hukum kesiapan, lalu hukum latihan, lalu hukum imbalan.

Dalam hukum kesiapan, setiap orang dapat mempelajari sesuatu dengan lebih baik apabila telah siap menerima materi baru. Hukum latihan menyebutkan bahwa seseorang dapat melakukan sesuatu dengan lebih baik jika banyak latihan. Kalau hukum imbalan, mengatakan bahwa seseorang dapat diperkuat perilakunya dengan hadiah dan dihilangkan perilakunya dengan hukuman.

Menurutku, yang dapat menghilangkan rasa malas yang mungkin efektif untuk dilakukan dalam kondisi dan situasi apapun adalah hukum kesiapan.

Kalau di hukum kesiapan kan, apabila seseorang sudah siap menerima materi pelajaran baru, maka dia dapat mempelajarinya dengan lebih baik. Maka, jika kita ingin melakukan sesuatu padahal kita lagi malas, maka cara yang lebih baik adalah dengan kita mempersiapkan diri.

Seperti apa mempersiapkan dirinya?

Biasanya kan malas itu ada di saat kita tidak melakukan apa-apa. Nah, supaya kita bisa bergerak, maka kita harus melakukan sesuatu supaya terlepas dari kondisi tidak melakukan apa-apa. Mulailah dari melakukan sesuatu yang ringan seperti membaca Quran atau membaca buku. Nah, dari situ, bisa saja kita akan mendapatkan ide untuk melakukan sesuatu yang harusnya kita lakukan. Gampang kan?

Aku jadi teringat dengan salah seorang temanku di SMA dulu. Dia itu kakak kelas sih. Nah, katanya lah, dia itu kalau nggak memulai harinya dengan olahraga, rasanya itu seperti malas melakukan apapun. Karena memang hobinya itu berolahraga.

Nah, ayo dong, nggak ada alasan lagi buat malas-malasan kan?
Setiap massa akan selalu diam atau akan selalu bergerak jika tidak ada gaya yang menggerakkannya (Postulat Newton I).

2 komentar:

  1. Kesiapan itu kalau nggak disengaja ya terpaksa. Contohnya saya yang selama ini nggak pernah ngutak atik aktivitas pertukangan, terpaksa belajar dikit2 supaya lebih ngirit ongkos.

    Rada nyesel sih kenapa nggak dari dulu belajarnya pas belum berkeluarga.

    Poinnya mau menyiapkan diri atau terpaksa siap? Yang manapun pilihannya nggak ada yang enak sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang yang namanya belajar itu di awal-awal nggak enak, Kak. Tapi, nantinya kita akan mendapatkan manfaat dari pembelajaran kita itu.

      Eh iya ding. Pertukangan ya. Penting tuh kayaknya. Mumpung belum berkeluarga.

      Hapus

Klik untuk memulai chat